Alat Pemroses Minyak Kelapa (Secara Sederhana)

Untuk mengeluarkan minyak dari biji kelapa yang sudah di parut dan di press melalui proses penggorengan santan kelapa.

Merk : BMI
Type : PKTKWK-4k

Kapasitas : ± 5 – 20 Kg. / Jam
Alat Proses : Mesin pemarut kelapa, Pengepress dengan alat press minyak, Penggorengan dengan kompor dan wajan
Penggunaan alat:
Tempatkan mesin dalam posisi mendatar hidupkan mesin pada posisi gas optimum siapkan kelapa yang sudah di kupas pasang bak penampung pada corong pengeluaran masukkan kelapa kupas pada corong pemasukan, kelapa parutan siap diproses menjadi minyak goreng.
Bahan :
Mesin Pemarut Kelapa :

Rangka dari Besi Siku 40 x 40 mm, Inlet, Outlet dan Pemarut dari Stainless Steel
Alat Pres : Rangka dari Besi Siku 40 x 40 mm
1. Pengiring dari as Besi MS. Saringan, Corong, Penekan dari bahan tahan karat. Dilengkapi dengan dongkrak 6 ton.
2. Sentrifuge terbuat dari Double Jaket Plat Stainless Steel. Double Jaket terdiri dari Saringan dan Tabung penampungnya dari Stainless Steel.
Pemasak Santan Kelapa : Rangka dari Besi Siku 40 x 40 mm/Plat tebal ukuran 1 dim tebal 5 mm, dilengkapi dengan Wajan dan Pengaduk tahan karat. Wajan dari Stainless Steel atau almunium tahan karat sedang pengaduknya terbuat dari Teflon tahan panas dan karat.
Kegunaan :
Untuk mengeluarkan minyak dari biji kelapa yang sudah di parut dan di press melalui proses penggorengan santan kelapa.
Analisa hasil :
Didapatkan hasil minyak kelapa murni dengan kapasitas produksi 10 – 20 Kg/Jam. Minyak yang dihasilkan dalam keadaan murni terbebas dari kotoran dan ampas.
Cara pengoperasian :
Cara Basah :
Parutan kelapa di peras 2 (dua) kali  sehingga diperoleh santan. Santan dimasukkan dalam drum, campurkan gis roti/soda kue sebanyak 2 gram/10 liter santan. Endapkan santan selama 24 jam agar terjadi Fermentasi, kemudian buang airnya sehingga tersisa kanil. Selanjutnya panaskan kanil dengan api sedang, selama 30 menit sehingga terbentuk blondo. Press blondo 2(dua) kali untuk mendapatkan minyak optimal.
Cara Kering :
Buah kelapa dibuat kopra dengan cara pengasapan maupun dijemur sinar matahari langsung. Kopra kering sejumlah +70% berat kelapa dihancurkan (dicacah) untuk memudahkan pengepressan. Press kopra yang telah dihancurkan 2 (dua) kali, lalu panaskan minyak hasil perasan selama 30 menit agar diperoleh kualitas kejernihan yang memadai.

Leave a Reply